POLA DAN STRATEGI MEREBUT KURSI LEGISLATIF 2014

Posted: April 12, 2013 in Uncategorized

Partai_pemilu

GAMBARAN UMUM

Pola dan strategi pemenangan merupakan sebuah kebutuhan yang paling mendasar untuk memantapkan diri menjadi calon anggota legislative terpilih. Secara umum pola dan strategi pemenangan ini dapat dipastikan sudah di dipersiapkan sejak awal oleh masing-masing calon anggota legislative tingkat kabupaten kota, provinsi, hingga tingkat pusat, dengan tujuan agar bisa mendulang suara sebanyak-banyaknya. Dalam proses penyusunan pola dan strategi pemenangan ini, para calon anggota legislative umumnya menitikberatkan pada upaya mobilisasi suara lewat money politik sebagaimana yang terjadi pada pemilu-pemilu legislative sebelumnya, namun dalam pelaksanaannya, pola dan strategi ini tidak cukup efektif untuk mengantarkan calon yang bersangkutan menduduki kursi lembaga legislative. Pola dan strategi seperti ini sesungguhnya cenderung hanya membentuk masyarakat (pemilih) untuk berpikir praktis (politik transaksional) yang tidak hanya merugikan calon anggota legislative yang bersangkutan tetapi juga merugikan masyarakat (pemilih). Sebagai contoh, banyak di antara caleg yang sudah mengeluarkan dana yang sangat besar, namun hanya mendapat suara kecil atau dalam arti kata bahwa dana yang di keluarkan tidak sebanding dengan jumlah suara yang di dapatkan.

Banyak di antara calon anggota legislative melakukan sosialisasi melalui diskusi, pertemuan maupun pemasangan stiker, baliho dan kartu nama yang sebanyak-banyaknya, tanpa memahami karakter dan budaya masyarakat yang menjadi calon pemilihnya. Banyak di antara caleg terjebak pada hitung-hitungan angka pembagian sembako, uang maupun barang, menjelang hari H pemilihan, tanpa mempertimbangkan target dan kebutuhan masyarakat, dan banyak pula caleg yang hanya mengandalkan nama besar pribadinya maupun keluarganya (mantan pejabat, anak pejabat dll) tanpa memperhatikan persentase tingkat kesukaan atau tingkat penerimaan masyarakat, bahkan tak sedikit pula, ada calon anggota legislative berani menggunakan jasa konsultan politik (lembaga survey) yang di bayar mahal untuk memuluskan langkah mereka duduk di lembaga legislative meskipun tak ada jaminan pasti untuk terpilih menjadi anggota legislative.

Tak bisa di pungkiri bahwa paradigma berpikir masyarakat kita selama cenderung terjebak pada asumsi bahwa hanya Caleg yang memiliki persiapan “UANG BANYAK” yang paling berpotensi terpilih menjadi anggota legislative, sementara yang tidak memili “DUIT” atau hanya memiliki “DUIT” pas-pasan, hampir dipastikan GAGAL, padahal kegagalan seorang Caleg dalam Pemilu legislative sangatlah di tentukan oleh POLA & STRATEGI pemenangan yang di gunakan. Memang, setiap Caleg yang maju pada pemilu legislative 2014 pastilah sudah menyiapkan sejumlah strategi pemenangan yang siap dijalankan, akan tetapi pola dan strategi pemenangan tersebut hanya disusun berdasarkan logika-logika sederhana tanpa menggunakan data-data pendukung sebagai pijakan awal untuk melahirkan sebuah konsep yang di wujudkan menjadi pola dan strategi pemenangan.

Factor kunci untuk menyusun Pola & strategi pemenangan adalah tersedianya data-data real yang di butuhkan. Dari data-data ini kemudian akan di kembangkan secara sistematis dengan bentuk piramida utuh.

  1. KEBUTUHAN DATA

Data-data real yang sangat di butuhkan dalam menyusun pola dan strategi pemenangan adalah :

  1. Cakupan wilayah administrasi yang berada dalam satu daerah pemilihan.
  2. Total jumlah penduduk dan klasifikasinya pada setiap jenjang wilayah yang ada di daerah pemilihan.
  3. Total jumlah wajib pilih terdaftar (Data DPT Pingub 2012) dan klasifikasinya pada setiap jenjang wilayah administrasi dalam satu daerah pemilihan.
  4. Jumlah RT dan dusun
  5. Sebaran jumlah penduduk menurut jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, suku, dan agama.

Data ini di ibaratkan untuk membangun sebuah rumah haruslah lebih dulu menyiapkan materialnya.

2. MENGETAHUI POLA PERHITUNGAN KURSI

3. MENGHITUNG ANGKA BPP AKUMULATIF

4. MENGHITUNGAN ANGKA BPP MASING-MASING CALEG

5. MEMBUAT PERHITUNGAN TARGET SUARA YANG DAPAT.

(MOHON MAAF, SELURUH DATA YANG DI SAMPAIKAN DI ATAS TIDAK BISA DI TAMPILKAN).

Komentar
  1. andi adhyka wirawan mengatakan:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Mhon petunjuk dan arahanx,kiat” sukses dlm pemilu legislatif 2014 yang akan datang…
    Berhubung saya pribadi adalah salah seorang calon legislatif sekaligus salah satu pengurus partai di kab.Bantaeng tempat dimana saya lahir n dibesarkn….yang mana btuh dukungan sekaligus petunjuk agar sukses dlam pilcaleg dengan anggaran dana yg pas”n…..serta keinginan yg kuat dlm merubah kondisi politik n paradigma masyarakat yg sungguh pragmatis terhadap Caleg.
    Sekian n trima kasih

  2. batet mengatakan:

    bang dimana skaranga kantornya???

    • andi adhyka wirawan mengatakan:

      Mohon Mǟªªªǟǟǟf baru bisa balas….
      Kantor sy di salah satu Kabupaten yg berada di provinsi Sulawesi Selatan namanya kabupaten Bantaeng,tepatnya di jln.Kenanga,Kab.Bantaeng Kec.Bantaeng,Kel.Pallantikang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s